Jumat, 17 April 2009

_windows XP service pack 3_

Sejak kelahirannya, keamanan merupakan permasalahan pada Windows XP. Dengan Service Pack 3 (SP3), Microsoft menawarkan tingkat keamanan yang ideal. Update berukuran 330 MB ini telah mengatasi 900 bug.

Pada artikel ini, akan ditunjukkan bagaimana cara membuat sebuah CD instalasi XP yang sudah berisi XP SP3 Release Candidate 1 (RC1). Keuntungannya, apabila harus menginstall Windows baru, Anda sudah memiliki basis yang aman.

Penting: Karena masih merupakan produk beta, Cd instalasi ini sebaiknya digunakan untuk uji coba saja.

1. Menyiapkan Data: Pertama, Anda harus memiliki kapasitas hard disk yang cukup untuk membuat sebuah CD baru. Di sini, kami membuat direktori dengan nama “C:\XPSetup” dan “C:\SP3”. Copy semua isi CD instalasi XP yang orisinil ke dalam direktori XPSetup. Anda harus menampilkan file-file yang tersembunyi melalui Windows Explorer. Option ini dapat ditemukan dalam menu “Tools| Folder Options| View| Show hidden files and folder”. Sekarang copy file “windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe” ke dalam direktori “SP3”. Ekstrak file tersebut melalui menu “Start| Run” dan ketik perintah “C:\windowsxpkb936929-sp3-x86.exe –x”. Setelah Service Pack 3 di-ekstrak, hapus file tersebut karena hanya akan memakan ruang hard disk saja.

2. Mengekstrak Boot Sector: Agar CD instalasi dapat berjalan setelah booting, Anda harus meng-copy boot sector dari CD yang orisinil. Langkah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan freeware BBIE (Bart’s Boot Image Extractor). Ekstrak tool ini ke dalam folder tersendiri dan jalankan melalui menu “Start | Run” dengan perintah “C:\BBIE\bbie x:” (“C:\BBIE” merupakan direktori yang berisi program BBIE dan “x:” merupakan drive dari CD instalasi originil. Bila semua berjalan baik, direktori BBIE akan menyimpan file boot sector “image1.bin”.

3. Menyatukan Data: Ini merupakan langkah terpenting dan juga termudah. Untuk menggabungkan SP3 dengan instalasi orisinil, cukup jalankan perintah berikut “C:\SP\i386\update\update.exe /integrate:C:\XPSetup”. Setelah menjalankan perintah di atas, CD XP SP3 Anda hampir selesai.

4. Membakar CD Instalasi: Langkah terakhir untuk membuat CD instalasi XP SP3 adalah membakar CD. Jalankan program Nero dan pilih option “CD | CDROM (Boot)” dalam dialog “New Compilation”. Sekarang buka tab “Boot” dan aktifkan radioboxImage file”. Lalu browse ke folder BBIE dan pilih file “image1.bin”. kembali ke tab “Boot” dan pilih checkbox “Enable expert settings (for advanced users only)”. Lalu, pilih “No Emulation” ada option “Kind of emulation”. Selain itu, pada kolom “Load segment of sectors (hex!)”, isikan nilai “07C0” dan nilai “4” untuk kolom “Number of loaded sectors”. Sekarang, tutup dialog ini dengan tombol “OK”. Window untuk memilih file yang mirip dengan Windows Explorer akan muncul. Di sini, pilihlah direktori “C:\XPSetup” dan seret isinya ke window kiri (tampilan CD) dengan cara drag&drop. Sekarang, Anda hanya perlu mengklik tombol “Burn” untuk membuat sebuah CD XP SP3.

Overview : Inilah yang tidak ditawarkan SP1 untuk Vista

Bersamaan dengan XP SP3 RC1, Microsoft juga merilis service pack 1 untuk Vista. Berbeda dengan SP3, update ini tidak dapat diintegrasikan ke dalam CD instalasi. Namun, Microsoft memberikan solusi lain. Pengguna yang ingin membeli Vista akan mendapat versi terbaru yang berisi semua update. Sementara itu, mereka yang sudah memiliki Vista harus menggunakan Windows Update.

Yang diperlukan:

1. CD instalasi XP orisinil.

2. XP Service Pack 3 RC1 *

3. Bart’s Boot Image Extractor

4. Nero Burning ROM

*Dapat di-download di www.microsoft.com.

Feature Baru:

1. Lebih cepat sampai 10 persen

2. Lebih aman

3. Network Access Protection

4. Windows Update (BITS 2.5)

5. Microsoft Management Console )MMC 3.0)

6. WLAN Encryption WPA2

0 coment: